HomePerawatanCara Memperbanyak Bunga dan Buah Pada Tanaman

Cara Memperbanyak Bunga dan Buah Pada Tanaman

Ingin tanaman kamu memiliki bunga dan berbuah yang lebat, mungkin konsep ini perlu kamu ketahui nih. Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan untuk memperbanyak bunga dan buah pada tanaman anda.

Indonesia sendiri memiliki lahan yang subur dibanding dengan negara lain. Banyak berbagai jenis tanaman bisa tumbuh subur di tanah Indonesia ini. Bahkan ada pepatah jawa mengatakanĀ wit gletak uripĀ atau artinya hanya batang tanaman saja ditaruh di tanah akan hidup sendiri.

Namun pernahkah kalian berfikir kenapa di luar negeri yang mayoritas tanahnya tidak sesubur di Indonesia tapi bisa menghasilkan bunga dan buah yang lebih lebat dan tentunya berkualitas. Yuk kita bahas lebih lanjut.

Cara Memperbanyak Bunga dan Buah Pada Tanaman

Memang tidak aneh jika di luar negeri yang notabene tanah atau media tanam kurang subur bisa memiliki hasil pertanian yang berkualitas. Salah satunya yang terpenting karena SDM unggul dimana mereka selalu meneliti dan mengamati perkembangan tanaman.

Diluar SDM tersebut juga ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan tanaman agar cepat berbunga dan berbuah.

Pilihlah Bibit Yang Unggul

memperbanyak bunga dan buah

Bibit memiliki faktor penentu awal agar tanaman kita bisa berbuah atau tidak. Misalkan pada tanaman mangga dimana kita mengambil bibit dari tanaman yang tidak berbuah. Maka potensi bibit tersebut tumbuh besar dan berbuah akan semakin kecil.

Pilihlah bibit tanaman dengan kualitas yang unggul. Sudah banyak perusahaan besar yang menawarkan bibit dengan kualitas yang berbuah banyak dan tahan terhadap penyakit.

Pilih juga bibit dengan kriteria sesuai dengan lahan yang akan di tanam. Bibit memiliki spesifikasi ketinggian tanah, iklim, cuaca tersendiri. Misalkan anda berada di pegunungan maka pilihlah bibit yang sesuai dengan kondisi alam anda.

Persiapan dan Pengolahan Lahan Yang Benar

pengolahan lahan pertanian

Tanah paling tidak harus memiliki beberapa unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman agar dapat tumbuh lebih subur. Oleh karena itu sangat penting pengolahan dan persiapan lahan sebelum proses penanaman.

Paling tidak tanah harus tersedia beberapa unsur hara yaitu minimal Nitrogen, Phospat, Kalium, dan unsur mikro yang lain. Tak lupa juga bakteri pengurai biasanya didapat dari pupuk kandang.

Agar penyakit tidak mudah menyerang bisa dilakukan penggemburan terlebih dahulu kemudian ditabur atau disiram dengan pupuk Soil Booster dari bisatani. Hal ini untuk menjaga kadar asam tanah sekaligus menghilangkan residu penyakit dari tanaman sebelumnya.

Jangan lupa juga untuk mempersiapkan sistem irigasi air terutama saat musim hujan agar tanah tidak terlalu banyak air didalamnya. Jadi tingkat kelembapan udara tidak terlalu tinggi sehingga aman dari serangan virus dan bakteri.

Proses Pemupukan Yang Tepat Pada Tanaman

pemupukan pada tanaman

Cara memperbanyak bunga dan buah pada tanaman selanjutnya adalah melakukan proses pemupukan yang tepat dan berimbang.

Tanaman pada saat awal tanam membutuhkan nitrogen yang tinggi untuk proses pertunasan. Sebaliknya jika saat sudah mulai berbunga hentikan penggunaan nitrogen dan kasih saja pupuk dengan kandungan P dan K yang tinggi.

Tanaman yang terlalu banyak nitrogen berpotensi menjadi mudah busuk dan bungannya mudah rontok. Karena tanaman masih fokus ke pertumbuhan tunas, daun, batang dan akar atau vegetatif.

Coba perhatikan semua pupuk yang anda gunakan terutama seputar kandungannya. Pastikan jika sudah berbunga gunakan saja pupuk dengan kandungan P, K dan hormon pemacu bunga.

Pemberian Pupuk Pemacu Hormon Tanaman

cara memperbanyak bunga dan buah tanaman

Di tahun 1928 seseorang bernama Frits Warmolt Went yang merupakan seorang ahli biologi dari Belanda menemukan sesuatu yang merubah dunia pertanian.

Ia meneliti dan menemukan bahwa pertumbuhan sebuah tanaman sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah faktor internal berupa hormon. Hormon disini sering disebut dengan fitohormon.

Hormon tersebut dapat mempengaruhi tumbuh kembang tanaman karena memberikan sinyal kepada sel tanaman untuk pembelahan dan aktivasi enzim. Beberapa fitohormon pada tanaman adalah auksin, sitokinin, giberelin, etilen dan masih banyak yang lain.

Hormon di atas mampu untuk memicu pertumbuhan atau menghambat pertunasan yang dilanjutkan ke pembungaan. Bagi anda yang ingin tanamannya cepat berbuah bisatani rekomendasikan pupuk hormon tambahan untuk tanaman anda dengan HAINUT BUAH.

Dengan formulasi lengkap untuk memaksa tanaman agar cepat berbunga dan berbuah. Dilengkapi juga unsur hara makro dan mikro lengkap meliputi Kalium, Phospat, Humic Acid, Fulvic Acid dan lain sebagainya. Bagi anda yang ingin membeli produk ini bisa klik gambar di bawah ini.

Melakukan Metode Pruning dan Defoliasi

pruning dan defoliasi tanaman

Cara memperbanyak bunga dan buah pada tanaman adalah dengan melakukan teknik pruning dan defoliasi, apa perbedaan dari kedua metode ini?

Pruning adalah kegiatan menghilangkan beberapa bagian tanaman, biasanya adalah pucuk atau cabang tanaman. Manfaat dari pruning ini adalah untuk mengatur dan mengontrol arah pertumbuhan tanaman, memudahkan dalam perawatan, melancarkan sirkulasi udara dan lain sebagainya.

Teknik pruning paling sering digunakan adalah pemangkasan bagian pucuk. Hal ini bertujuan untuk mengurangi persaingan penyerapan cahaya fotosintesis. Selain itu juga menghambat pertumbuhan vegetatif sehingga meningkatkan pertumbuhan generatif pada tanaman.

Sedangkan teknik defoliasi merupakan kegiatan membuang ranting yang kurang produktif, rusak, ber-penyakit dan lainnya. Hal ini bertujuan untuk mengurangi penyebaran unsur hara ke cabang atau bagian tanaman yang kurang produktif.

Recent Articles

Stay on op - Ge the daily news in your inbox