HomeObatEtefon, Bahan Aktif ZPT Untuk Mepercepat Pematangan Buah

Etefon, Bahan Aktif ZPT Untuk Mepercepat Pematangan Buah

Bisatani.com, Etefon – Sampai saat ini berkebun juga termasuk hobi dan juga termasuk profesi. Berkebun bukan hanya sekedar menanam dan biarkan saja untuk tumbuh sampai besar atau panen tetapi juga memerlukan perawatan. Berikut hal yang perlu disiapkan agar tanaman tumbuh dengan baik :

  • Kelola lahan tanam

Untuk yang pertama tentunya siapkan terlebih dulu lahan yang akan ditanami. Bersihkan lahan dari gulma atau rumput liar, tanaman yang menjadi inang hama, dan batu-batuan. Cangkul agar menjadi gembur dan buat gundukan atau bedengan sesuai ukuran jumlah tanaman yang akan ditanam. Bisa juga ditambah plastik mulsa diatas bedengan untuk tanaman tertentu seperti cabai dan tomat.

Jangan lupa cek tingkat keasaman tanah. Karena pH tanah juga mempengaruhi tumbuh kembang tanaman serta perkembangan jamur patogen penyebab penyakit didalam tanah. Usahakan pH tanah dikisaran 6,5-7.

  • Pilih benih atau bibit unggulan

Pilihlah jenis benih atau bibit tanaman sesuai keinginan, usahakan pilih benih yang unggul serta lebih tahan terhadap serangan hama dan penyakit. Jangan lupa pilihlah benih sesuai kondisi ketinggian lahan tanam karena biasanya benih tanaman mempunyai spesifikasi ketinggian daratan.

  • Berikan pupuk sesuai umur tanaman

Pemberian pupuk bisa dilakukan setelah pengolahan awal atau sebagai pupuk dasar. Berikan pupuk sesuai dosis yang dianjurkan karena pupuk ini pada dasarnya adalah sumber makanan utama pada tanaman. Jika kekurangan dan kelebihan pupuk tentunya akan mengganggu tumbuh kembang tanaman. Setelahnya bisa berikan pupuk susulan sesuai jenis tanaman.

  • Kendalikan jenis hama dan penyakit yang menyerang tanaman

Ada banyak sekali jenis hama dan penyakit pada tanaman. Dua faktor serangan ini bisa menyebabkan pertumbuhan dan perkembangan tanaman menjadi terganggu, bahkan bisa menyebabkan tanaman mati, hasil panen berkurang bahkan gagal panen. Pelajari setiap jenis hama dan penyakit sesuai jenis tanaman yang ditanam karena setiap hama dan penyakit mempunyaki pengendalian baik itu secara teknis, biologi maupun kimia (pestisida).

  • Iklim dan cuaca

Setiap daerah memiliki iklim dan cuaca yang berbeda-beda. Pemilihan bibit ada kaitanya juga dengan dua faktor ini. Memang dua faktor ini tidak bisa diprediksi secara pasti. Jadi pemilihan benih dan perlakuan tanaman secara tepat bisa dapat mengurangi dampak buruk ketika iklim dan cuaca yang kurang bersahabat bagi tanaman.

Memang masih banyak hal lain yang bisa mempengaruhi tumbuh kembang tanaman tetapi 5 hal tersebut merupakan faktor yang penting dalam mempengaruhi pertumbuhan tanaman.

Bicara mengenai pertumbuhan tanaman, sekarang sudah ada hormon tumbuhan (fitohormon) atau yang biasa disebut zat pengatur tumbuh (ZPT). ZPT ini punya peran yang penting dalam pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Memang tumbuhan dapat memproduksi ZPT sendiri akan tetapi pemberian hormon ini dapat memberikan efek yang lebih cepat dala pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

Ada beberapa jenis ZPT yang sudah biasa dikenal oleh petani seperti Auxin, Giberilin, Sitokinin, Etena serta Inhibitor. Misal untuk Etena atau bahan aktif Etefon yang terkandung pada produk ZPT yang ada dipasaran.

Apa itu Etefon dan bagaimana cara kerjanya?

Etefon merupakan salah satu jenis bahan aktif ZPT dari jenis Etena atau Etilena. Etena merupakan salah satu jenis ZPT yang sering digunakan oleh para petani. Jenis ZPT ini merupakan satu-satunya yang berwujud gas pada suhu dan tekanan dalam ruangan. Etena tidak memiliki bentuk variasi yang lain.

Etefon berperan dalam menaikkan konsentrasi etilena pada sekitar jaringan buah sehingga buah akan cepat masak atau matang. Selain berfungsi untuk mematangkan buah pada tanaman ZPT ini juga berfungsi untuk memacu pembungaan serta merangsang pemekaran bunga, merangsang pertumbuhan batang dan akar, merangsang pengguguran daun dan buah, perkecambahan biji, menghambat pemanjangan batang kecambah, memperkokoh batang pada tanaman dan mengakhiri masa dormansi pada tanaman.

Dosis dan cara penggunaan

Etefon, Bahan Aktif ZPT Untuk Mepercepat Pematangan Buah

Untuk dosis dan cara penggunaan kita menggunakan beberapa sampel merk dagang ZPT yang ada di pasaran:

  1. Cepha 480 SL dengan dosis Etefon 480 g/l. Untuk meningkatkan jumlah cabang, daun, panjang dan lebar daun, panjang ruas cabang serta keserempakan panen buah pada tanaman kopi. Gunakan dosis dengan konsentrasi 1,2 liter cepha untuk setiap hektar lahan kopi. Waktu aplikasi jika sudah ada 10% buah kopi yang masak (merah).
  2. Aepon 100 SL dengan dosis Etefon 100 g/l. Untuk meningkatkan produksi lateks pada tanaman karet. Oleskan pada bidang sadap 0,75 ml aepon pada setiap pohon.
  3. Ethrel 480 SL dengan dosis Etefon 480 g/l.
    • Memerahkan, memperbaiki rasa dan aroma serta mempercepat masaknya buah pada tanaman apel. Gunakan dosis dengan konsentrasi 1 ml ethrel untuk setiap 1 liter air.
    • Merangsang pembungaan dan meningkatkan rasa manis buah pada tanaman nanas. Gunakan dosis dengan konsentrasi 1 ml ethrel untuk setiap 1 liter air.
    • Mempercepat masaknya daun pada tanaman tembakau. Gunakan dosis dengan konsentrasi 2 ml ethrel untuk setiap 1 liter air.

Manfaat serta keunggulan ZPT berbahan aktif Etefon

  1. Memperbaiki rasa dan aroma serta mempercepat masaknya buah.
  2. Membuat buah tanaman cepat merah seperti tanaman apel dan cabai.
  3. Merangsang pembungaan lebih cepat.
  4. Meningkatkan jumlah cabang, daun serta ruas cabang.

Jenis-jenis tanaman dalam aplikasi ZPT ini

Etefon, Bahan Aktif ZPT Untuk Mepercepat Pematangan Buah

  1. Kopi : Meningkatkan jumlah cabang, jumlah daun pada cabang, panjang dan lebar, serta mendukung keserempakan panen buah kopi.
  2. Karet : Meningkatkan produksi lateks tanaman, kadar karet kering, produksi karet kering.
  3. Apel :  Memperbaiki rasa dan aroma serta mempercepat masaknya buah (buah cepat merah).
  4. Kedelai : Memperbaiki fertilitas.
  5. Nanas : Merangsang pembungaan serta memperbaiki rasa.
  6. Pisang : Memperbaiki rasa dan aroma serta mempercepat masaknya buah.
  7. Tembakau : Mempercepat masaknya daun.

Merk dagang ZPT berbahan aktif Etefon yang ada di pasaran

Berikut beberapa merk dagang ZPT dengan bahan aktif Etefon yang ada di pasaran :

  1. Aepon 100 SL yang diproduksi oleh PT Deltagro Mulia Sejati.
  2. Alfapon 100 PA yang diproduksi oleh PT Agrotech Pesticide Industry.
  3. Better 10 PA yang diproduksi oleh PT Petrokimia Kayaku.
  4. Biophon 10 PA yang diproduksi oleh PT Biotis Agrindo.
  5. Cepha 100 PA yang diproduksi oleh PT Indagro.
  6. Cepha 480 SL yang diproduksi oleh PT Indagro.
  7. Eteken 100 PA yang diproduksi oleh PT Kenso Indonesia.
  8. Ethrel 10 PA yang diproduksi oleh PT Bayer Indonesia.
  9. Ethrel 480 SL yang diproduksi oleh PT Bayer Indonesia.
  10. Guela 12,5 PA yang diproduksi oleh PT Petrosida Gresik.
  11. Prothephon 10 PA yang diproduksi oleh PT Multi Sarana Indotani.
  12. Santrel 10 PA yang diproduksi oleh PT Santani Agro Perkasa.

Demikian penjelasan mengenai ZPT berbahan aktif Etefon. Semoga bermanfaat bagi petani yang baru belajar dan semoga bisa menambah wawasan bagi petani yang sudah berpengalaman. Ingat, selalu gonakan obat-obatan kimia sesuai dosis yang dianjurkan agar tidak menimbulkan pencemaran bagi lingkungan.

Recent Articles

spot_img

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay on op - Ge the daily news in your inbox