HomePerawatanCara Membasmi dan Mengusir Tikus di Sawah Maupun Rumah

Cara Membasmi dan Mengusir Tikus di Sawah Maupun Rumah

Mengusir tikus yang ada di sawah adalah hal yang banyak di lakukan oleh berbagai petani maupun ibu rumah tangga. Tikus ini kadang menyebabkan beberapa kerugian, jika di sawah tikus ini dapat menurunkan hasil panen, dan jika di rumah tikus ini kadang makan cemilan atau makanan yang tergeletak di rumah.

Tidak hanya merugikan untuk hasil tanam maupun makanan di rumah. Tikus ini juga banyak membawa penyakit mulai dariĀ leptospirosis, Hantavirus, Salmonellosis dan lain sebagainya. Penyakit tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan keluarga kita.

Tikus berkembangbiak dengan cepat, sekarang sudah dibasmi mungkin dalam waktu 1-2 minggu sudah banyak lagi. Oleh karena itu kita memerlukan beberapa tindakan yang bisa mengusir tikus tersebut.

Cara Alami Mengusir Tikus Dari Rumah

cara alami mengusir tikus di sawah dan dirumah

Sedang enak tidur tiba-tiba ada suara berisik dari dapur dan pecahan kaca yang disebabkan oleh ulah tikus. Membuat kita marah merugikan banyak material.

Apalagi jika makanan sisa yang bisa dikonsumsi pada pagi hari sudah di gerogoti oleh kumpulan tikus.

Berikut ada beberapa cara alami mengusir tikus dari rumah diantaranya adalah :

1. Mengusir Tikus Menggunakan Minyak Pappermint

Ternyata hewan pengerat ini tidak suka dengan bebauan yang menyengat. penggunaannya cukup mudah cukup dengan menggunakan bahan kapas atau semacamnya untuk ditaruh ditempat yang sering dilewati tikus.

2. Menggunakan Aroma Mint

Papermint ini juga bisa mengusir hewan pengerat dirumah hanya dengan meletakannya di lokasi yang sering dilewati oleh tikus.

Siapkan daun papermint yang dilarutkan ke dalam air, ambil sarinya kemudian taruh ditempat yang sering dilewati oleh tikus.

3. Menggunakan Potongan Kulit Durian

Mencari bahan yang memiliki bau menyengat salah satunya bisa menggunakan kulit durian.

Namun perlu diketahui jika kulit durian juga memiliki bau yang menyengat untuk penghuni rumah juga.

4. Menggunakan Irisan Bawang

Selain beberapa bahan di atas, tikus juga tidak menyukai aroma bawang. Taruh beberapa bawang yang sudah diiris di tempat lumbung tikus. Atau bisa diletakan di lokasi yang sering dilewati tikus.

5. Buah Mengkudu

Jika anda menemukan lubang tikus atau tempat persembunyian dari tikus ini, bisa dilakukan pencegahan menggunakan buah mengkudu.

Caranya cukup mudah yaitu tinggal larutkan buah mengkudu kemudian semprot pada lubang tikus tersebut.

6. Campuran Bubuk Cabai dan Deterjen

Campurkan bubuk cabai dengan deterjen yang diletakan di lokasi yang biasa tikus lewat.

Dari beberapa bahan di atas selalu mencari jalan atau lubang yang biasa hewan tersebut lewat. Karena tikus akan melewati jalan yang sama pada hari esoknya.

Dari bau tikus membuat jalan untuk koloninya. Karena hal inilah kita perlu menghambat jalan yang sering dilewati oleh tikus.

Cara Mengusir Tikus di Sawah

cara mengusir tikus

Cara alami mengusir tikus di atas digunakan untuk tikus rumahan. Berbeda lagi untuk tikus yang berada di sawah.

Tikus di sawah biasanya bersembunyi di lubang tanah atau membuat gorong-gorong di sela sela rumput dan kayu. Berikut beberapa solusi yang bisa anda coba untuk mengusir hewan pengerat di ladang.

1. Menggunakan Alat Pengusir Tikus Modern

Alat pengusir tikus modern sudah banyak dijual di marketplace. Alat ini menggunakan teknologi gelombang suara ultrasonik yang mengganggu tikus.

Namun jika alat ini memiliki beberapa keterbatasan mulai dari minimnya sumber daya listrik yang ada di sawah. Tidak banyak sawah yang memiliki sumber daya listrik sedangkan alat ini penggunaannya membutuhkan sumber listrik.

2. Perangkap Tikus

Menggunakan perangkap tikus tradisional masih digunakan hingga saat ini. Mulai dari perangkap kawat hingga perangkap buatan lainnya.

Namun perangkap tikus tradisional memiliki berbagai kekurangan diantaranya tidak bisa mengusir secara masal tikus yang ada di sawah.

3. Racun Tikus

Banyak racun tikus yang beredar di pasaran, mulai dari betuk beras, temix, racun tetes hingga berbentuk sabun.

Cara menyiapkannya cukup dengan campurkan racun tikus yang ada dengan makanan yang disukai oleh tikus. Biasanya tikus suka dengan biji-bijian.

4. Menggunakan Lem Tikus

Penggunaan lem tikus ini hampir sama dengan perangkap tikus biasa. Lem ini dapat menangkap bebeapa tikus yang ada di sawah.

Cukup siapkan papan yang diolesi dengan lem tikus, kemudian letakan di tempat yang teduh. Tikus yang melewati lem tersebut akan menempel.

5. Menggunakan Musuh Alami Dari Tikus

Ada beberapa musuh alami dari tikus mulai dari Ular hingga kucing. Jika anda ingin mengusir tikus di sawah paling efektif menggunakan Ular.

Jika jenis lahan anda adalah tegal ada biaknya membiarkan kucing yang sudah terbiasa memburu tikus di lahan.

Itulah beberapa cara mengusir tikus secara alami di rumah maupun di sawah. Ada baiknya untuk membaca tips lain untuk mengusir tikus dengan penanaman yang baik untuk tikus di sawah.

 

Recent Articles

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay on op - Ge the daily news in your inbox