HomePenyakit8 Penyakit Bawang Merah dan Putih Yang Sering Menyerang

8 Penyakit Bawang Merah dan Putih Yang Sering Menyerang

Penyakit bawang merah maupun pada bawang putih memang tidak ada habisnya bisatani.com bahas. Mulai dari yang ringan hingga penyakit yang diharuskan untuk dicabut tanamannya.

Bawang merupakan salah satu sayuran dalam bentuk umbi yang sering ditanam oleh petani di Indonesia. Memiliki berbagai varietas dan jenis sesuai dengan lokasi penanaman. Lebih lengkapnya bisa baca artikel tentang Tanaman Bawang.

Hampir semua sayuran yang ditanam oleh petani pasti memiliki kendala. Baik oleh serangan hama atau penyakit yang disebabkan oleh berbagai jamur dan virus. Serangan ini menyebabkan menurunnya tingkat produksi dari tanaman sehingga merugikan petani.

Oleh karena itu kita patut untuk menerapkan budidaya yang baik dan juga pengendalian hama dan penyakit secara terpadu. Hal ini bertujuan untuk mengurangi adanya serangan hama dan juga penyakit, terutama pada tanaman bawang.

Penyakit Bawang Merah dan Putih dan Cara Pengendaliannya

Kali ini bisatani akan membahas beberapa penyakit yang sering menyerang pada tanaman bawang merah maupun putih. Berikut penjelasan lengkapnya.

Layu Fusarium Pada Bawang (Penyakit Moler)

penyakit moler pada bawang merah

Penyakit ini merupakan salah satu hal yang membuat banyak petani merugi. Karena pernah kejadian dalam satu lahan terserang oleh penyakit ini.

Layu fusarium atau petani di Indonesia sering menyebutnya dengan penyakit moler ditandai dengan layunya daun bawang. Disebabkan oleh serangan jamur Fusarium oxysporum f.sp cepae.

Untuk penjelasan lengkap tentang penyakit satu ini anda bisa baca artikel : Cara Mencegah dan Mengobati Layu Fusarium Moler Bawang.

Ada perlakuan khusus untuk mencegah dan mengobati penyakit menyebalkan satu ini. Anda bisa memberikan bakterisida baik yang bisa mencegah atau mengobati serangan layu fusarium. Misalkan dengan pemberian Bakterisida Trichoderma.

Bercak Ungu Pada Tanaman

penyakit bawang merah

Bercak ungu pada tanaman bawang ini biasanya ditandai dengan adanya bercak pada daun yang kemudian meluas. Menghasilkan bentuk cekungan dengan warna pinggir ungu. Hal ini disebabkan oleh serangan jamur.

Daun yang sudah terserang penyakit ini biasanya akan mudah patah. Setelah patah ujung daun yang masih menancap akan berawarna kehitaman.

Tidak hanya itu, serangan akan berlanjut ke umbi yang menyebabkan umbi menjadi busuk. Sehingga mengurangi tingkat produksi hasil panen petani bawang.

Pengobatan yang dilakukan anda bisa menggunakan bakterisida baik seperti pada layu daun yaitu menggunakan trichoderma. Selain itu bisa didukung dengan penggunaan obat fungisida lain.

Antraknosa Daun Bawang

penyakit antraknosa pada bawang
sumber gambar : manfaatmatoa.blogspot.com

Jika pada cabai penyakit antraknosa atau sering disebut dengan patek cabai biasanya menyerang buahnya. Beda dengan bawang, penyakit ini akan menyerang bagian daunnya.

Penyakit ini ditandai dengan adanya busuk coklat pada daun yang mudah menyebar ke tanaman yang lain. Disebabkan oleh infeksi cendawan collectricum dengan ciri virus ini adalah suka dengan tempat yang lembab.

Gejalanya hampir sama dengan bercak ungu namun penyebarannya cukup cepat dan juga membuat tanaman cepat mati. Pencegahannya bisa menjaga kebersihan terutama gulma atau rumput disekitar tanaman. Jagalah kebersihan agar kelembapan lahan bisa terjaga.

Jika anda sudah terserang penyakit ini ada baiknya untuk melakukan penyemprotan dengan beberapa fungisida. Seperti obat yang memiliki bahan aktif azoksistrobin atau minimal rutin penyemprotan bahan aktif mankozeb.

Virus Mosaik Bawang Saat Musim Hujan

Salah satu jenis penyakit pada bawang merah dan putih yang tergolong unik. Disebabkan oleh serangan onion yellow dwarf virus. Virus jenis ini biasanya akan bertahan lama hidup pada umbi bawang.

Biasanya umbi bawang yang sudah dipanen dan terserang penyakit ini, akan menularkan ke umbi yang lain. Jika dijadikan bibit biasanya akan menyebabkan tanaman sulit besar atau kerdil.

Tanaman yang terserang virus mosaik ini juga akan ditandai dengan adanya daun yang menyusut. Tangkai bunga menguning sehingga menghasilkan sedikit bunga.

Cara mengatasi gejala virus ini bisa dengan memutus rantai penyebaran virus. Jika anda menemukan satu tanaman dengan gejala di atas ada baiknya segera dicabut dan dimusnahkan. Proses pemusnahan bisa dilakukan dengan dibakar.

Penyakit Embun Bulu Pada Bawang Merah dan Putih

Embun bulu merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh peronaspora destructor. Cendawan yang menyerang pada daun bawang. Biasanya cendawan ini suka dengan tempat dengan tingkat kelembapan tinggi.

Gejala tanaman yang terserang penyakit embun bulu biasanya daun menjadi hijau pucat dan berbuah menjadi kuning. Selain itu pada bagian umbinya jika dicabut berwarna coklat pada bagian luarnya kemudian akan mengkerut.

Jika tanaman anda terserang penyakit ini ada baiknya untuk memotong bagian daun yang terserang saja. Musnahkan dengan cara dibakar agar cendawan tidak menyebar. Usahakan pemilihan bibit yang baik diperlukan untuk perlakuan awal.

Bercak Daun Pucuk

Mati pucuk atau bercak daun pucuk atau petani sering menyebutnya dengan mati pucuk, salah satu penyakit yang merugikan banyak petani. Penyakit ini disebabkan oleh serangan cendawan phytophthora porri.

Cendawan ini menyerang bagian ujung daun bawang yang masih segar. Sehingga daun akan mudah busuk pada bagian bawahnya dan mudah kering. Gejala awal biasanya pada ujung daun atau pucuk terdapat busuk.

Cara pencegahannya bisa dengan memotong bagian yang terkena serangan jika ada segera mungkin. Lakukan rotasi tanam yang baik, jangan tanami lahan dengan bawang secara terus menerus.

Penyakit Trotol Pada Daun

Trotol merupakan penyakit yang sering disebut oleh petani pada saat daun bawang terdapat trotol. Penyakit ini merupakan bercak ungu pada saat awal gejala.

Oleh karena itu jika anda menemukan trotol pada daun bawang, segera lakukan pencegahan agar tidak semakin luas. Bisa segera lakukan penyemprotan menggunakan bakterisida baik seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Penyakit Daun Bawang Lemas

Banyak petani yang mencari cara agar daun bawang tegak dan tidak lemas. Lemasnya daun bawang atau layu bisa disebabkan oleh banyak faktor. Anda bisa baca artikel : Penyebab daun bawang tidak tegak dan Cara mengatasinya.

Itulah beberapa penyakit yang sering menyerang pada tanaman bawang merah maupun bawang putih. Masih banyak penyakit lain yang mungkin akan ditemukan di masa mendatang. Tentunya bisatani akan selalu update.

Jangan lupa untuk konsultasi secara gratis bersama tim Bisatani anda bisa bergabung di grup facebook. Atau bisa kunjungi marketplace bisatani di tokopedia maupun shopee untuk mendapatkan obat untuk bawang yang baik.

 

 

Recent Articles

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay on op - Ge the daily news in your inbox